PESONA HUTAN DI MAKBON

by - April 21, 2017

Hutan mangrove yang cantik, air terjun yang dahsyat, dan rahasia  lubang bawah tanah yang tak terlihat, menambah semangat penjelajahan kami di siang itu.


Distrik Makbon merupakan wilayah kabupaten Sorong yang berada dibagian utara berbatasan langsung dengan samudra pasifik, memiliki garis pantai dan kontur berbukit. Tim mengunjungi hutan mangrove di Kampung Teluk Dore. Pohon mangrove yang mendominasi yaitu jenis Buruguiera sp. dan Rhizopora sp. dengan diameter batang berkisar 15-20 cm. Hutan mangrove berperan sangat penting bagi ekosistem yaitu sebagai penahan abrasi air laut, habitat beragam biota, tempat memijahnya beberapa biota laut dan masih banyak manfaat lainnya.

Selanjutnya, beberapa potensi yang berada di kawasan hutan Distrik Makbon diantaranya yaitu air terjun dan gua. Air tejun berada di dalam kawasan hutan Kampung Kuadas Distrik Makbon. Air terjun setinggi 8 m ini mengalir deras dan menjadi sumber pembangkit listrik di Kampung Kuadas. Disekitaran air terjun dibangun bendungan dan adanya mesin turbin sebagai penggerak.

Saat berada di Kampung teluk Dore, tim mengunjungi salah satu goa horizontal yang dikramatkan oleh masyarakat setempat. Goa ini tidak memiliki nama tertentu. Goa dianggap sebagai tempat bersemayamnya arwah para leluhur sehingga setiap aktivitas kampung terutama yang berkaitan dengan pembukaan hutan dan pembangunan  akan dibuatkan sesaji dan diletakkan di mulut gua. Ornamen-ornamen cantik seperti stalaktit, flowstone, dan draperies menambah keindahan goa ini.


Mangrove Paradise

Transportasi laut mengunjungi pulau-pulau di Makbon


Ada ruang bawah tanah juga

Tim hutan makbon


You May Also Like

0 komentar