Mata Air Panas Klayili, Rahasia di Balik Rimba Klayili

by - April 21, 2017


Tim di gunung hutan rimba Klayili
Menginjakkan kaki di Distrik Klayili pasti menyempatkan diri mengunjungi salah satu aset penting distrik ini. Aset atau potensi ini biasa disebut masyarakat setempat Kali Panas Klayili. Tidak hanya unik sebagai suatu mata air panas, sejarah dan kesakralan lokasi ini juga patut untuk diketahui. Mata air panas tersebut mengalir di sungai Klaluguk. Air panas sendiri keluar dari sebuah gua kecil di tepian sungai. Air berbau belerang ini semakin menghangatkan seluruh badan air di sekitarnya. Jika musim kemarau, Kali Panas Klayili akan tampak lebih cantik karena air akan tenang dan berwarna kebiruan. Lokasi kali panas ini berada di tengah hutan. Untuk sampai di lokasi bisa dilakukan dengan berkendara ataupun jalan kaki sampai di tepi hutan. Jarak dari pusat distrik sekitar 7,5 km. Selanjutnya dilanjutkan dengan melalui jalan setapak yang ada. Kali panas ini berada di kawasan hutan milik keluarga Bapak Fami. Kali panas ini adalah potensi yang masih sangat alami karena masih minim sentuhan dari pihak pengelola tertentu.

Kali Panas Klayili adalah tempat yang sangat disakralkan oleh masyrakat Distrik Klayili. Lokasi ini disakralkan karena di lokasi ini dipercaya masih menyimpan beragam rahasia alam dan kekuatan para leluhur. Seiring dengan perkembangan informasi dari mulut ke mulut, lokasi ini mulai diketahui oleh banyak masyarakat di Kabupaten Sorong sehingga pemerintah setempat menetapkan mata air panas ini sebagai kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan yakni potensi wisatanya. Pembukaan akses jalan setapak menuju lokasi dilakukan pada tahun 2002. Sebelum dibuka, dilakukan prosesi ritual yang dilakukan oleh para tetua-tetua adat. Ritual ini dilakukan satu malam oleh tetua adat dengan maksud meminta izin dan perlindungan para leluhur yang dipercaya sebagai penghuni setempat. Keesokan harinya dilanjutkan upacara adat yang diikuti pula oleh pejabat Kabupaten Sorong di masa itu.


Walaupun sudah dibuka untuk masyarakat umum, bukan berarti masyarakat dengan bebas mengunjungi tempat ini. Untuk memasukinya, pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik. Sampai saat ini Kali Panas Klayili terus menjadi lokasi yang istimewa dan disakralkan karena masyarakat percaya bahwa pengaruh gaib masih terus ada sampai saat ini. Akses menuju lokasi kali panas memang masih cukup sulit dan jauh jika dijangkau dari pusat kota maupun kabupaten di Sorong. Masyarakat Klayili belum mengetahui mengenai rencana pengembangan lokasi ini oleh pemerintah. Beberapa larangan yang ada saat memasuki lokasi kali panas ini adalah tidak boleh bertindak kejahatan ataupun bermaksud menyakiti orang lain dan alam sekitar, tidak boleh berhubungan intim, dan dilarangnya wanita yang sedang berhalangan masuk ke lokasi ini. Keistimewaan tempat ini akan terus dijaga oleh masyarakat Distrik Klayili termasuk dengan selalu menghimbau para pengunjung yang datang agar tidak melanggar peraturan yang ada.


Kali panas Klayili... tenang dan menghangatkan


Sumber keluarnya air panas

You May Also Like

1 komentar